Penelitian bertujuan mengetahui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan peta konsep terhadap pengurangan miskonsepsi mahasiswa pada materi jaringan tumbuhan. Pengambilan datadilakukan pada tanggal 10 februari sampai dengan 16 april 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design pretest postest control group. Populasi penelitian seluruh mahasiswa STKIP Bina Bangsa Meulaboh jurusan Biologi berjumlah 166 mahasiswa. Sampel diambil denganteknik random sampling, berjumlah 40 mahasiswa, terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda model CRI (Certainty of Response Index). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami miskonsepsi pada semua sub materi saat pemberian pretes yaitu jaringan meristem (52%); jaringan pelindung (53%); jaringan dasar (62%); jaringan pembuluh (59%), sedangkan saat pemberian postes, jaringan meristem (18%); jaringan pelindung (19%); jaringan dasar (22%); jaringan pembuluh (12%). Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengurangan miskonsepsi materi jaringan tumbuhan melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan peta konsep.Kata Kunci: Strategi Inkuiri Terbimbing, Peta Konsep dan Miskonsepsi.
Copyrights © 2017