Berdasarkan hasil data awal siswa kelas V SDN Tegalkalong II pelajaran IPS materi kenampakan alam di Indonesia, hasil belajar siswa pada saat pengambilan data awal sebanyak 10 dari 23 siswa memperoleh nilai di atas KKM dengan persentase 43,48%. Setelah melakukan tindakan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual berbantuan media Asal Kelam pada siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 11 siswa dengan persentase 47,83%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat sebanyak 22 siswa atau 95,65% dinyatakan tuntas. Namun, pada siklus II aktivitas siswa belum mencapai target, sehingga dilaksanakan perbaikan pada siklus III, adapun hasil belajar siklus III yaitu sebanyak 22 siswa atau 95,65% dinyatakan tuntas dan telah memenuhi target. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media Asal Kelam pada materi kenampakan alam di Indonesia telah meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2016