Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
Vol 14, No 2 (2017): OCTOBER 2017

PERAN KEPEMIMPINAN KIAI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PONDOK PESANTREN DI KABUPATEN CIAMIS

Zaini Hafidh (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertolak dari peran kepemimpinan kiai di pondok pesantren  Ar-Risalah, dimana kiai sebagai pemilik otoritas tertinggi di pondok pesantren memerankan peran sentral kepemimpinannya. Pondok pesantren Ar-Risalah yang baru berdiri 15 tahun dan sudah memiliki lembaga pendidikan formal komprehensif dari SD hingga perguruan tinggi serta  bisnis dan usaha mandiri pondok pesantren dalam berbagai bidang sebagai proses pencapaian kemandirian pondok pesantren tidak akan terlepas dari peran kepemimpinan kiai sebagai figur sentral pesantren yang memiliki kharisma serta visi yang jauh kedepan yang melewati batas ketradisionalan kepemimpinan pondok pesantren. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Peran Kepemimpinan Kiai, 2) Proses Pengambilan Keputusan Kiai dan 3) Kepemimpinan Kiai dalam proses perubahan untuk meningkatan kualitas di pondok pesantren Ar-Risalah, Cijantung IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, kamera dan alat perekam percakapan. Analisis data berupa unitisasi data, kategorisasi dan penafsiran data serta uji keabasahan data. Adapun lokasi yang menjadi obyek penelitian ini adalah di Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV, Ciamis, Jawa Barat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bagaimana KH. Asep Saefulmillah menjalankan peran kepemimpinannya baik peran interpersonal, informational serta decisional dengan sangat baik, serta optimalisasi aset pesantren untuk peningkatan kualitas pondok pesantren. Dalam proses pengambilan keputusan KH. Asep Saefulmillah menekankan pada proses mufakat/participation decision making sebagai bagian dari kepemimpinan demokratis beliau. Sikap terbuka, dan akomodatif kiai terhadap pentingnya perubahan dan perkembangan zaman, membuat beliau melakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas pondok pesantren melaui perubahan bentuk pesantren menjadi yayasan wakaf, metode pembelajaran dan integrasi kurikulum pesantren-sekolah

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JAPSPs

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the ...