Penelitian yang dilakukan di kelas III SDN Tegalkalong III Kecamatan Sumedang UtaraKabupaten Sumedang dilatarbelakangi oleh kondisi pada pembelajaran keterampilanmengomentari tokoh cerita/ dongeng anak terbilang masih rendah. Sehingga dilakukannyaupaya peningkatan dengan menerapkan metode cocoa yang merupakan kolaborasi darimetode cox dan jigsaw. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitiantindakan kelas (PTK), dengan model spiral dari Kemmis dan Taggart dengan tahapanperencanaan, tindakan dan observasi, refleksi dan pengulangan kembali sampaimendapatkan data jenuh. Teknik pengumpul data yang digunakan dengan observasi,wawancara dan tes hasil belajar, dengan instrumen pedoman wawancara, pedomanobservasi, soal tes hasil belajar dan catatan lapangan. Teknik validasi datanya adalah membercheck, triangulasi dan expert opinion. Berdasarkan data awal diperoleh bahwa dari 24 siswahanya 2 orang atau 8% siswa tuntas. Pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 7 orang atau29%, siklus II berjumlah 15 orang atau 62% dan siklus III meningkat menjadi 23 orang atau96%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode cocoadapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnyaketerampilan mengomentari tokoh cerita/ dongeng anak sehingga dapat dijadikan sebagaiinovasi pembelajaran.
Copyrights © 2016