JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-B SDN CONGGEANG I KECAMATAN CONGGEANG KABUPATEN SUMEDANG

Yuliana, Linda (Unknown)
Aeni, Ani Nur (Unknown)
Sujana, Atep (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2016

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV-B di SDN Conggeang 1 dalam pembelajaran IPA materi energi alternatif hasil belajar siswa masih rendah. Kinerja guru dan aktivitas siswa menjadi penyebab munculnya permasalahan tersebut. Tindakan yang diambil peneliti yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning. Rancangan penelitian yang dilakukan meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan serta tes hasil belajar. Hasil penelitian dapat dilihat dari perencanaan yang dilakukan guru pada siklus I 70,37%, siklus II 85,18%, dan mencapai 100% pada siklus III. Kinerja guru siklus I 60,78%, siklus II 86,27% dan 100% pada siklus III.Aktivitas siswa siklus I, siswa yang memperoleh kriteria baik 59%,siklus II 82% dan siklus III mencapai 86%.Selanjutnya hasil belajar, siklus I 45,45%, siklus II 72,72% dan siklus III mencapai 90,90%.Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci :Problem Based Learning, hasil belajar,energi alternatif

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...