Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV-B di SDN Conggeang 1 dalam pembelajaran IPA materi energi alternatif hasil belajar siswa masih rendah. Kinerja guru dan aktivitas siswa menjadi penyebab munculnya permasalahan tersebut. Tindakan yang diambil peneliti yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning. Rancangan penelitian yang dilakukan meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan serta tes hasil belajar. Hasil penelitian dapat dilihat dari perencanaan yang dilakukan guru pada siklus I 70,37%, siklus II 85,18%, dan mencapai 100% pada siklus III. Kinerja guru siklus I 60,78%, siklus II 86,27% dan 100% pada siklus III.Aktivitas siswa siklus I, siswa yang memperoleh kriteria baik 59%,siklus II 82% dan siklus III mencapai 86%.Selanjutnya hasil belajar, siklus I 45,45%, siklus II 72,72% dan siklus III mencapai 90,90%.Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci :Problem Based Learning, hasil belajar,energi alternatif
Copyrights © 2016