Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 1, No 1 (2018)

Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Teknologi Informasi di SMA IT Albayyinah Pekanbaru

Heni Rahmadani (Universitas Riau)
Yenita Roza (Universitas Riau)
Atma Murni (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2018

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengemukakan hasil analisis kebutuhan bahan ajar fungsi trigonometri berbasis TI. Data dalam artikel ini dikumpulkan melalui penyebaran angket melalui bantuan google form yang diisi oleh tiga orang guru matematika dan 20 orang siswa kelas X SMA IT Al-bayyinah semester genap tahun ajaran 2017/2018, lalu dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Objek kajian dalam artikel ini mencakup: 1) kesesuain KI dan KD, 2) bahan ajar yang digunakan guru, dan 3) kebutuhan guru dan siswa terkait bahan ajar berbasis TI. Hasil menunjukkan bahwa: 1) Semua materi pada bahan ajar sudah sesuai dengan KI dan KD 3.11; 2) Guru dan siswa menggunakan bahan lain selain buku dari sekolah untuk membantu dalam memahami suatu materi; dan 3) Guru dan siswa membutuhkan bahan ajar berbasis IT yang dapat digunakan untuk mempelajari konsep fungsi trigonometri, karena sejalan dengan perkembangan informasi dan teknologi. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa bahan ajar berbasis IT diperlukan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...