Pembelajaran bioteknologi dituntut untuk menerapkanpembelajaran yang melibatkan mahasiswa dalam prosespembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapatditerapkan adalah penerapan metode praktikum pembuatannata de milk. Penerapan metode ini melibatkan mahasiswadalam berbagai aktivitas belajar dan mengembangkansejumlah keterampilan proses sains. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui hasil penerapan metode praktikumpembuatan nata de milkterhadap keterampilan proses sainsdan hasil belajar.Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium BiologiUniversitas Islam Balitar Blitar Tahun Akademik2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswaprogram studi pendidikan biologi, adapun sampelnya adalahmahasiswa biologi semester 6.Rancangan penelitiannyaadalah Pre Experimental Design dengan jenis One Shoot âCase Study.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaianketerampilan proses sains pada mahasiswa biologi semester 6menunjukkan bahwa seluruh siswa mencapai keterampilanproses sains dengan kriteria baik dan baik sekali. Hal inimenunjukkan bahwa keterampilan proses sains telahmencapai indikator keberhasilan yaitu ⥠75% mahasiswamempunyai keterampilan proses sains dengan kriteria baik.Hasil belajar mahasiswa⥠85% telah mencapai nilai 80.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwapembelajaran dengan metode praktikum pembuatan nata demilk dapat diterapkan pada matakuliah pengantar bioteknologiyang ditunjukkan dengan tercapainya indikator keberhasilanyaitu â¥75% mahasiswa mempunyai keterampilan proses sainsdengan kriteria baik dan ⥠85% mahasiswa memperoleh nilaihasil belajar ⥠80. Saran yang dapat disampaikan peneliti yaitumetode praktikum pembuatan nata de milkperlu dikembangkanpada konsep lain yang memiliki permasalahan yang sama.
Copyrights © 2018