Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuanmemecahkan masalah dan berpikir kritis dengan penerapanmodel pembelajaran Cooperative Integrated Reading AndComposition (CIRC) dipadu ProblemBased Learning (PBL)pada mahasiswa semester V tahun akademik 2016/2017Universitas Islam Balitar, Blitar. Subjek penelitian ini adalahmahasiswa peserta mata kuliah Strategi Belajar Mengajaryang berjumlah 24 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkanbahwa prosentase kemampuan memecahkan masalah terjadipeningkatan sebesar 19,48% dari siklus I ke siklus II setelahpenerapan model pembelajaran CIRC dipadu dengan PBL.Sedangkan penerapan model pembelajaran CIRC dipadudengan PBLdapat meningkatkan kemampuan berpikir kritisdapat meningkatnya nilai rata-rata prosentase kemampuanberpikir kritis berdasarkan LKM terjadi peningkatan sebesar29,80% dari siklus I ke siklus II dan kemampuan berpikirkritis berdasarkan nilai postes pada siklus I dan siklus IIberturut-turut 57% dan 71%, sehingga dapat dikatakan terjadipeningkatan sebesar 24% dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan paparan hasil tersebut dapat disimpulkanbahwa penerapan pembelajaran CIRC dipadu denganPBLpada mahasiswasemester V tahun akademik 2016/ 2017Matakuliah SBM Universitas Islam Balitar dapatmeningkatkan kemampuan memecahkan masalah danberpikir kritis.
Copyrights © 2018