Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Vol 6, No 3 (2016): Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Keefektifan Strategi Pembelajaran antara Metode Tutor Sebaya dengan Metode Tanya Jawab dalam Pengajaran Remidial Materi Fungsi Limit

Ukti Lutvaidah (Universitas Indraprasta)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2016

Abstract

Aktivitas belajar tidak selamanya dapat berjalan dengan lancar, peserta didik seringkali mengalami kesulitan dalam belajar, baik dalam hal menerima pelajaran, menyerap pelajaran, atau kedua-duanya. Kesulitan belajar dapat dilihat dengan adanya seorang atau sekelompok peserta didik yang tidak dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diremidi menggunakan metode tutor sebaya dengan peserta didik yang diremidi menggunakan metode tanya jawab. dan jika ada, manakah yang lebih efektif dari dua metode pembelajaran tersebut.Hasil penelitian ini mengambil lokasi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah para peserta didik kelas XI IPS yang nilai ulangan harinya dibawah KKM pada materi fungsi limit semester genap. Sampel sebanyak 2 kelas diambil menggunakan teknik cluster random sampling terambil kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan jumlah 76 peserta didik. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode dokumentasi dan tes untuk mempereoleh data tentang populasi dan sampel serta prestasi belajar sebelum dan sesudah pengajaran remidial. Analisis data menggunakan uji-t dua pihak digunakan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diremidi menggunakan kedua metode tersebut dan uji-t satu pihak untuk untuk menetukan metode pembelajaran yang lebih efektif.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diremidi menggunakan metode tutor sebaya dengan peserta didik yang diremidi menggunakan metode tanya jawab. Penerapan metode pembelajaran tutor sebaya lebih efektif daripada metode pembelajaran tanya jawab.Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya, Metode Tanya Jawab, Pengajaran Remidial, Prestasi Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Formatif

Publisher

Subject

Education

Description

Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA (ISSN 2502 5457 for the electronic version and ISSN 2088 351X for the print version) first published in April 2011 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory ...