Jurnal Mantik Penusa
Vol. 1 No. 1 (2017): Volume 1 No 1 Juli 2017 (Online) Jurnal Mantik

Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Proyektor Lcd Menggunakan Program Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Menentukan Volume Kubus Dan Balok Pada Bangun Ruang

Yulia Utami (STMIK Pelita Nusantara Medan)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar matematika siswa tanpa menggunakan media pembelajaran Proyektor LCD dalam menentukan volume kubus dan balok pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII MTs Cerdas Murni Tembung, (2) hasil belajar matematika siswa menggunakan media pembelajaran Proyektor LCD dalam menentukan volume kubus dan balok pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII MTs Cerdas Murni Tembung, (3) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran Proyektor LCD terhadap hasil belajar siswa dalam menentukan volume kubus dan balok pada pokok bahasan bangun ruang kelas VIII MTs Cerdas Murni Tembung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Cerdas Murni Tembung terdiri dari 2 kelas berjumlah 55 siswa. Sampelnya terdiri dari dua kelas yang diambil secara random atau acak. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dengan media pembelajaran Proyektor LCD  yaitu kelas VIII-1 berjumlah 30 siswa. Dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan media kertas karton yaitu kelas VIII-2 berjumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data digunakan adalah pilihan ganda yang berjumlah 10 soal yang telah divalidkan dengan angka validitas berkisar dari 0,422 – 0,613. Analisis data yang digunakan yaitu t test. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran Proyektor LCD menggunakan Program Power Point diperoleh nilai rata-rata (X )= 8,43 dan standart deviasi (s) = 1,382, (2) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pengajaran kertas karton diperoleh nilai rata-rata ( X = 7,36) dan standart deviasi (s) = 1,777. Artinya hasil belajar siswa yang diajar dengan media Pembelajaran Proyektor LCD lebih baik dari pada yang diajar dengan media kertas karton. Uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 2,518 dan ttabel = 2,007, untuk α = 0,05 sehingga thitung  > ttabel ,maka dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Proyektor LCD menggunakan Program Power Point berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dalam menentukan volume kubus dan balok pada bangun ruang. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Proyektor LCD dan Hasil Belajar

Copyrights © 2017