JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu

MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS

Nurhayati, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2018

Abstract

Abstrak Pembelajaran dengan menggunakan Model Kooperatif tipe STAD dianggap cocok diterapkan dalam pendidikan di Indonesia karena sesuai dengan budaya bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kerjasama, sehingga upaya guru dalam meningkatkan partisipasi aktif dari siswa dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah: a) untuk meningkatan keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran IPS materi kenampakan alam melalui Model Kooperatif tipe STAD; b) untuk meningkatan aktivitas siswa kelas melalui Model Kooperatif tipe STAD; c) untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui Model Kooperatif tipe STAD. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan penilaian. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tuntas dalam belajar, hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I sebanyak 58.39% siswa tuntas belajar pada kegiatan pertama meningkat menjadi 62.72% siswa tuntas belajar pada kegiatan kedua. Selanjutnya pada siklus kedua II kegiatan pertama sebanyak 67.17% siswa tuntas dalam belajar dan pada kegiatan kedua meningkat menjadi 71.11% siswa tuntas dalam belajar. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 57. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperati tipe STAD dan hasil belajar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...