Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar mengajar mata kuliah praktikum auditing. Data yang diolah dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah asisten dosen dan alumni Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang telah bekerja sebagai junior auditor di kantor akuntan publik big four atau kantor akuntan publik afiliasi internasional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian inimenunjukkan bahwa proses belajar mengajar mata kuliah praktikum auditing berlangsung selama dua jam tiga puluh menit dan diajar oleh asisten dosen dengan metode belajar presentasi setiap minggunya. Namun terdapat kecurangan dan perilaku tidak etis selama proses belajar mengajar berlangsung seperti mencontek, menyalahgunakan fasilitas, berbicara diluar topik pembelajaran, bermain gadget,dan tidur. Hal ini dikarenakan mata kuliah praktikum auditing dirasa kurang memberikan manfaat, tidak memiliki bobot sks yang berpengaruh terhadap IPK, metode mengajar yang monoton sehingga membosankan, dan modul yang digunakan sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini. Kata kunci: Proses Belajar Mengajar, Praktikum Auditing, Kecurangan
Copyrights © 2017