JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA
Vol 1 No 1 (2016): JP2SH

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK MEREK PAPAMAMA FARM

Sri Wahyuni, Nomi Noviani, (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2018

Abstract

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Identifikasi internal perusahaan menghasilkankekuatan perusahaan meliputi sistem budidaya yang lebih murah, lokasi di tiga tempatyang memiliki potensi perluasan usaha, sudah lama berpengalaman, jenis sayuran lebihberagam, kemasan menarik, sayuran bebas pestisida, merek sudah lama di pasar, sertabrosur yang menarik. Sedangkan kelemahannya adalah produksi tidak stabil, skalaproduksi belum ekonomis, kualitass sayur tidak konsisten, sistem penentuan haga, sistempengiriman, pemilihan pasar sasaran tidak fokus, serta strategi promosi tidak konsisten.Faktor-faktor eksternal yang menjadi peluang bagi PapaMama Farm adalahkharakteristik konsumen, permintaan masih tinggi, sistem budidaya pesaing lebih mahal,tingkat kesulitan memasuki pasar bagi pesaing baru, peningkatan pendapatan dan tingkatpendidikan masyarakat, kelas sosial masyarakat yang semakin beragam, dan peningkatanteknologi. Ancaman yang dihadapi saat ini adalah tingkat kesetiaan konsumen, pelayananpengecer, tekanan produk subtitusi, strategi harga dan strategi distribusi pesaing, danresiko alam. Ancaman masa mendatang selain yang ada saat ini juga meliputi tingkatkemampuan mengikuti kemajuan teknologi, strategi pesaing yang lebih agresif, sertapendatang baru dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi. PapaMama Farm kurang jelasdalam strategi segmentasi, akibatnya adalah kurang fokus dalam memilih pasar sasaranutama yang hendak dilayani. Kondisi ini berakibat kurang efektifnya strategi bauranpemasaran yang dijalankan.

Copyrights © 2016