Indonesian Journal of Primary Education
Vol 1, No 2 (2017): Indonesian Journal of Primary Education: December 2017

Pengaruh Metode Scramble terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kecerdasan Interpersonal Siswa SD

Dika Zuchdan Sumira (Universitas Negeri Jakarta)
Deasyanti Deasyanti (Universitas Negeri Jakarta)
Tuti Herawati (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Scramble terhadap kemampuan membaca pemahaman dan kecerdasan interpersonal siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia  pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan di SDIT Segar Amanah Klender Jakarta Timur dengan sampel siswa  kelas IVA 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B dengan sampel siswa 28 orang sebagai kelas kontrol yang dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Teknik penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes dan lembar observasi untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman kecerdasan interpersonal pada pembelajaran Bahasa Indonesia, dengan terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan realibilitas serta Justivication expert dan uji norrmalitas dan homogenitas baik kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Scramble ataupun kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Hasil pengujian menunjukan bahwa kedua kelas berdistribusi normal serta menunjukan homogenitas kedua kelas tersebut homeogen. Hasil penelitian menunjukan kenaikan rata-rata kemampuan membaca pemahaman  kelas eksperimen dari 59,5 menjadi 86,5 sedangkan kelas Kontrol dari 60,5 menjadi 67,5, kecerdasan interpersonal rata-rata kelas eksperimen dari 55,5 menjadi 88,5 dan 57,5 menjadi 66 untuk kelas kontrol.  serta keefektifan proses pembelajaran apabila melihat rata-rata Normal Gain kelas eksperimen lebih tinggi  dibandingkan dengan kelas kontrol. Normal Gain kemampuan membaca pemahaman untuk kelas eksperimen mendapatkan nilai 0,68 dengan kategori cukup efektif, sementara kelas kontrol mendapatkan kategori tidak efektif dengan nilai 0,29. Normal Gain Kecerdasan interpersonal kelas eksperimen menunjukan nilai 0,76 dan kelas kontrol dengan Normal Gain sebesar 0,37. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan kemampuan membaca pemahaman dan kecerdasan interpersonal siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia  kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan membaca pemahaman dan kecerdasan interpersonal siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia  kelas kontrol.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...