Indonesian Journal of Primary Education
Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education: June 2018

Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi SDA dan Pemanfaatannya melalui Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Games Book di Kelas IV Sekolah Dasar

Acep Saepul Rahmat (Universitas Negeri Jakarta)
M Syarif Sumantri (Universitas Negeri Jakarta)
Deasyanti Deasyanti (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS meliputi tes hasil belajar dan keterampilan sosial melalui model pembelajaran  Inquiry  berbantuan media Games Book  pada siswa kelas IV SD Negeri Karamatjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan  menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart.  Penelitian tindakan ini diakhiri dalam dua siklus. Hal ini didasarkan berdasar hasil penelitian pada siklus ke II mengalami peningkatan yang sangat signifikan, disertai dengan telah tercapainya kriteria keberhasilan tindakan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, lembar observasi pengamatan perilaku dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat setiap siklus. Rata–rata tes hasil belajar IPS pada pra tindakan  dengan nilai 70,45, siklus I dengan nilai 74.45 dan siklus II dengan nilai rata-rata 88. Persentase ketuntasan dari pra tindakan  sebesar 30% meningkat pada  siklus II  menjadi 100% tuntas dengan persentase peningkatan sebesar 70%.  Rata-rata hasil observasi pengamatan perilaku keterampilan sosial pada siklus II menunjukan terdapat peningkatan dan perubahan dari siklus I pertemuan pertama  dengan skor 8 atau 26,66%, siklus I pertemuan kedua dengan skor 11 atau    36,66%, siklus II pertemuan pertama 17 atau 56,66% , dan siklus II pertemuan kedua dengan skor rata-rata 25 atau 83,33%.  Persentase ketuntasan dari pra tindakan 0 atau 0% menjadi 18 orang yang  tuntas atau 90% tuntas  pada  siklus II pertemuan kedua dengan persentase peningkatan sebesar 90%. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran  Inquiry  dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya pada siswa kelas IV SD Negeri Karamatjaya Tasikmalaya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...