Indonesian Journal of Primary Education
Vol 1, No 1 (2017): Indonesian Journal of Primary Education

Media Puzzle Berbasis Tangram dalam Pembelajaran IPS

Permata, Kharizma Kintan (Unknown)
WS, Rustono (Unknown)
Lidinillah, Dindin Abdul Muiz (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2017

Abstract

Pembelajran IPS di sekolah dasar mencakup konsep-konsep yang abstrak seperti waktu, perubahan, kesinambungan, ritual, arah mata angin, akulturasi, kekuasaan, demokras dan niai-nilai. Media merupakan salah satu solusi untuk mengkonkritkan materi dan konsep yang abstrak dalam pembelajaran. Namun faktanya darihasil studi pendahuan ke tiga sekolah dasar di Kota Tasikmalaya yaitu SDN 1 Urug, SDN Mugarsari dan SDN Citapen diperoleh informasi terkait penggunaan media yang hanya sebatas pada media praktis. Berdasarkan hal tersebut, peneliti bermaksud melakukan penelitian pengembangan yang pada akhirnya dihasilkan produk berupa media pembelajaran puzzle berbasis tangram dalam pembelajaran IPS tentang mengenal tokoh proklamasi dengan menggunakan metode penelitian design based research model reeves. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 17 orang di SDN 1 Urug dan 19 orang di SDN Mugarsari. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara,observasi dan kuesioner. Rancangan produk dinyatakan layak diuji coba berdasarkan hasil validasi ahli.Kegiatan uji coba dilakukan sebanyak dua kali di sekolah yang berbeda. Uji coba yang pertama dilakukan di SDN 1 Urug dan uji coba dua di SDN Mugarsari. Hasil uji coba menunjukan bahwa media yang dikembangkan telah baik dan dapat menjadi solusi bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Produk akhir berupa media pembelajaran puzzle  puzzle berbasis tangram dalam pembelajaran IPS tentang mengenal tokoh proklamasi untuk kelas IV Sekolah Dasar yang dilengkapi dengan buku panduan penggunaan. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...