Penelitian ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti mengenai pembelajaran konsep skala berkenaan dengan hambatan belajar yang dialami oleh siswa. Pemahaman siswa terhadap konsep skala masih rendah karena adanya beberapa hambatan belajar terkait keterbatasan konteks yang dialami oleh siswa saat pertama kali mempelajari konsep skala. Konsep merupakan sebuah fondasi yang harus dimiliki oleh siswa untuk memahami suatu materi. Sehingga hambatan belajar yang dialami siswa harus diantisipasi melalui proses pembelajaran yang dapat mengatasi hambatan belajar pada siswa. Peneliti merancang sebuah desain didaktis pada pembelajaran konsep skala agar siswa dapat lebih memahami konsep skala dengan menggunakan pendekatan yang relevan. Realistic Mathematics Education (RME) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang mengangkat dunia nyata sebagai pokok permasalahannya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Didactical Design Research (DDR) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran yang terwujud dalam HLT dan ADP; analisis metapedadidaktis; dan analisis retrospektif . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulasi (observasi, wawancara, angket). Proses pengembangan desain didaktis ini dilaksanakan di kelas VA dan VB SD Negeri Pahlawan. Desain didaktis dikembangkan dengan memperhatikan prinsip RME yaitu looking for problems, solving problem dan organizing subject matter. Serta berbasis pada kegiatan RME yaitu memahami masalah kontekstual, menjelaskan masalah kontekstual, menyelesaikan masalah kontekstual, membandingkan dan diskusi hasil pengerjaan serta menyimpulkan. Semua komponen trsebut tertuang dalam bentuk kegiatan siswa. Penelitian ini menghasilkan data mengenai hambatan belajar siswa pada materi konsep skala, desain didaktis yang dapat mengatasi hambatan belajar siswa pada konsep skala, serta implementasi desain didaktis konsep skala dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2017