Educan : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1, No 2 (2017): Poblematika Pendidikan Islam

IMPLEMENTASI CHARACTER BUILDING DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO (Perspektif Pendidikan Islam)

Anip Dwi Saputro (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Dohan Sulistiyo (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Nurul iman (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi character building berdasarkan perspektif Pendidikan Agama Islam dalam menunjang belajar mengajar. Peneliti juga mengkaji bagaimana para guru menerapkan character building kepada peserta didiknya serta mengetahui faktor penghambat dan pendukungnya. Adapun metode yang digunakan yakni metode kualitatif dengan  menggunakan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini berada di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini bahwasannya perspektif character building di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo memunculkan penanaman karakter berupa nilai religius, nilai kdisiplinan, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, nilai kejujuran, dan nilai cinta Tanah Air. Sebaliknya faktor penghambatnya adalah pribadi siswa yang heterogen dan kebiasaan lama murid yang masih terbawa hingga SMA. Sedangkan faktor pendukungnya adalah fasilitas berupa tenaga-tenaga pengajar yang mampu mencerminkan pendidikan character building berupa berjabat tangan di gapura sekolah setiap pagi dengan semua guru, membaca al-Qur’an ketika sebelum pembelajaran, dan lain sebagainya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

educan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Educan: Jurnal Pendidikan Islam is a journal published by Islamic Education Departement Faculty of Education University of Darussalam Gontor. ISSN : 2597-9043. It publishes only original papers on Islamic education. Educan is a scientific media to develop the quality of academicians in Islamic ...