Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 2, No 1 (2016): July

Metode Syllabic untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Autis

Qumalasari Rani Ayu (SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang)
Sudarsini Sudarsini (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena keterampilan membaca permulaan siswa masih terbilangrendah. Penggunaan metode syllabic ini cukup sederhana dan mudah. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh penggunaan metode syllabic terhadap keterampilan membaca permulaan padasiswa autis kelas 1. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis SSR dengan desain A-B-A.Hasil penelitian adalah pada baseline 1 mengalami peningkatan 31,7 – 35%, pada kondisi intervensimengalami peningkatan 58,9% - 67,8% dan pada kondisi baseline 2, subjek berada pada 57,2% - 61,1%.Kesimpulannya terdapat peningkatan mean level saat kondisi baseline 1 dengan kondisi baseline 2.Sarannya dapat dikembangkan lebih lanjut oleh peneliti selanjutnya tentang metode syllabic.The study is done because of reading skill the beginning of the students is relatively low. Theuse of this method syllabic quite simple and easy. The purpose of this research is to know the influenceof the use of a method of syllabic against of reading skill the beginning on the kids autistic grade 1 . Thisresearch uses experiment methods kind of SSR with the design A-B-A. The result of this research is atbaseline 1 increased 31.7 to 35 % , on condition the intervention has been an increase in 58,9 % to 67.8% and baseline in the condition of A2 , the subject is at 57,2 % to 61,1 %. The conclusion there is anincrease of the mean level when baseline 1 to baseline 2. Advice on this research is be developed furtherby researchers next of methods of syllabic.

Copyrights © 2016