Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 2, No 1 (2016): July

Kemampuan Menyusun Kalimat pada Siswa Tunarungu melalui Kartu Gambar

Lina Kumalasari (Universitas Negeri Malang)
Sinta Yuni Susilawati (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2018

Abstract

Siswa tunarungu memiliki keterbatasan dalam menginterpretasi kalimat karena kemampuannyahanya bersandar pada pengalaman bahasanya yang terbatas, sehingga terjadi kesalahpahaman makna danarti bagi orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dansesudah menggunakan kartu gambar dan kata untuk menyusun kalimat. Penelitian ini menggunakanrancangan penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pre-tes post test design. Dimana sebuaheksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok tanpa menggunakan kelompok kontrol ataupembanding. Dari perhitungan tersebut dapat dinyatakan adanya pengaruh penggunaan kartu gambardan kata sebagai bentuk intervensi terhadap kemampuan menyusun kalimat perintah.Students with hearing impairment have limitations in interpreting the sentence because hisability to interpret the phrase only rely on their limited language experience, When they speak, thespoken sentence is unstructured or upside down so that other people. The purpose of this study were:to determine differences in learning outcomes before and after picture card and word usage of sentencecomposition. This study was a pre-experimental research design with the design of one group pre-testpost-test design. the experiment conducted on a group was without using a control or comparison group.From these calculations could be expressed that there was the influence card use picture and word as aform of intervention in the ability to make sentences command as the target behavior.

Copyrights © 2016