Masalah yang sering dihadapi konsumen dalam melakukan pembelian secara online antara adanya penipuan, kualitas produk yang kurang sesuai dengan apa yang dijanjikan serta ketepatan dalam pengiriman barang membuat konsumen tetap melakukan pembelian secara offline di toko fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan
persepsi konsumen terhadap toko online (virtual store) dan toko fisik (brick and mortar store), pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian, pengaruh persepsi konsumen terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh persepsi konsumen dan keputusan pembelian
terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Sampel diambil dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan kriteria konsumen yang telah berbelanja di toko online (virtual
store) dan toko fisik (brick and mortar store) di Bandar Lampung. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi konsumen terhadap toko online dan toko fisik. Pengaruh Persepsi konsumen toko online dan toko fisik terhadap keputusan pembelian
adalah signifikan. Persepsi konsumen pada toko online dan toko fisik tidak berpengaruh pada kepuasan konsumen. Variabel persepsi konsumen dan keputusan pembelian tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian tidak memediasi variabel persepsi konsumen dan kepuasan konsumen.
Kata Kunci: virtual store, brick and mortar store, keputusan pembelian, kepuasan konsumen
Copyrights © 2017