Pengguna media sosial di Indonesia semakin meningkat, saat ini ada sekitar 66 juta orang
menggunakan mobile phone sebagai medium untuk bermedia sosial. Aplikasi media sosial
tersebut juga telah dimanfaatkan oleh komunitas olahraga Freeletics di Kota Bandung, untuk
berkomunikasi dan menyebarkan informasi dengan sesama anggota komunitas olahraga.
Komunitas olahraga freeletics dibangun dan berkembang melalui media sosial, bertujuan
menjadikan olahraga sebagai pola hidup sehat dan juga gaya hidup. Penyebaran informasi
komunitas ini diiniasi oleh pengelola komunitas dengan memanfaatkan kelebihan dari media
sosial Instagram.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas Instagram komunitas olahraga
freeletics dalam mempopulerkan olahraga sebagai gaya hidup. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam,
observasi, dan penelusuran dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram sangat berperan penting dalam
pembentukan komunitas freeletics, komunitas ini memanfaatkan Instagram sebagai medium
untuk menyebarkan informasi dan berkomunikasi dengan efektif. Instagram memberikan
dampak yang signifikan terhadap peningkatan jumlah anggota komunitas, dan juga
menjadikan komunitas ini dikenal serta menarik pihak luar untuk bekerjasama dalam
berbagai event baik yang profit maupun non-profit (charity).
Keyword : Instagram, Freeletics, Komunitas, Bandung, mediasosia
Copyrights © 0000