HARMONI
Vol 1, No 1 (2017)

PENERAPAN TASK-BASED LEARNING DALAM PELATIHAN BAHASA INGGRIS TERKAIT KRIMINALITAS BAGI PERSONEL POLRESTABES SEMARANG

Dwi Wulandari (Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro)
Mytha Candria (Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro)
Retno Wulandari (Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro)
Arido Laksono (Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2017

Abstract

Task-Based Learning (TBL) merupakan metode pengajaran bahasa yang menitikberatkan pada pemberian tugas-tugas berjenjang disesuaikan dengan kemampuan pembelajar. Artikel ini bertujuan mengobservasi penerapan Task-Based Learning (TBL) dalam pelatihan bahasa Inggris bagi personel Polrestabes Semarang dengan topik bahasan kriminalitas. Metode TBL ini diterapkan dengan memberikan pre-test dan post-test pada 20 personel polisi . Ada 3 (tiga) tugas yang diobservasi pada pembelajaran ini, yakni kosa kata, arti berbasis konteks, dan struktur bahasa yang sederhana. Hasil menunjukkan bahwa penerapan TBL ini cocok untuk personel kepolisian yang dalam kasus ini mempunyai keragaman latar belakang kemampuan bahasa Inggris. Selain itu, tugas-tugas tersebut mempunyai ciri yang terstruktur dan saling berkelanjutan, sehingga tingkat kesulitannya akan terkontrol, yang mana pada akhirnya penguasaan kosa kata akan lebih mudah.Kata kunci :  Task-based learning, kosa kata, pre-test, post-test

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

harmoni

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Harmoni (E ISSN 2599-1795) merupakan jurnal berbasis pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada tiga bidang keilmuan yaitu Bahasa, Sastra, dan Budaya. Jurnal Harmoni dikelola oleh Departemen Linguistik Universitas Diponegoro dalam hal ini Program Studi Sastra Inggris dan Prodi Bahasa dan ...