The Southeast Asian Journal of Midwifery
Vol 1 No 1 (2015): The Southeast Asian Journal of Midwifery

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN PENGISIAN PARTOGRAF MAHASISWA KEBIDANAN

Yulizawati, Yulizawati (Unknown)
Rismawanti, Venny (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2016

Abstract

Pengembangan pendidikan menuntut adanya cara berfikir dan bertindak yang berbeda dari apa yang telah ada. Sistim pembelajaran yang baik harus mampu memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk membuka potensi dirinya dalam menginternalisasikan knowledge, skills dan attitudes melalui pengalaman belajarnya. Untuk mencapai hal tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan pola pembelajaran aktif melalui student centered learning (SCL) yang salah satunya adalah tipe STAD (Student Teams Achievement Division) karena tipe ini mengajarkan kerjasama, tanggung jawab, interaksi promotif, kepercayaan, pembuatan keputusan, komunikasi dan manajemen konflik. Dengan metode STAD, penguasaan pengisian partograf sebagai kompetensi inti dari mahasiswa kebidanan dalam pemantauan persalinan dapat meningkat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari metode STAD terhadap keterampilan mahasiswa dalam pengisian partograf. Metode yang dipakai penelitian ini adalah penelitian komparasi untuk membandingkan tingkat penguasaan keterampilan pengisian partograf sebelum dan sesudah penggunaan metode kooperatif tipe STAD. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada tingkat penguasaan keterampilan mahasisa dalam mengisi partograf antara sebelum dengan sesudah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan nilai p= 0,001. Metode pembelajaran student centered learning (SCL) dengan tipe STAD terbukti signifikan dalam peningkatan kompetensi mahasiswa dalam pengisian partograf.ABSTRACTEducational development demands different ways of thinking and act from what have already existed. Ideal learning system must be able to provide a learning experience for students, to open up their potential for internalizing knowledge, skills and attitudes through their learning experiences. It can be done by applying an active learning method through student centered learning (SCL), one of these methods is STAD (Student Teams Achievement Division). This type teaches cooperation, responsibility, interaction, confidence, decision-making, communication, and conflict management. With this method, partograph filling skill as the core competencies of midwifery students in labor monitoring may increase..This research aims to determine the effect of STAD method on partograph filling skill of midwifery students. This was a comparative study to compare the level of student skill in filling up partograph before and after applying cooperative learning using STAD method. The results obtained in this study showed that there was a very significant difference of the skill of students before and after using cooperative learning of STAD method, with a p-value is 0.001. Student centered learning using STAD method is proved to be more significant to improve student competence of filling up partograph.

Copyrights © 2015