Jurnal Kajian Wilayah
Vol 2, No 2 (2011): Jurnal Kajian Wilayah

Sistem Pendidikan dan Pemikiran Filsafat Prancis Kontemporer

Martin Suryajaya (Mahasiswa Pascasarjana di Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara, Jakarta.)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2016

Abstract

Prancis dikenal sebagai negeri yang memberikan sumbangsih besar terhadap perkembangan filsafat kontemporer. Melalui tulisan ini penulis akan menganalisis prakondisi institusional dari sumbangsih tersebut. Penulis akan menunjukkan bahwa kekayaan wacana filsafat Prancis kontemporer mensyaratkan institusionalisasi filsafat baik secara formal (dalam wujud kurikulum dan institusi pendidikan) maupun informal (dalam ranah kebudayaan). Pada gilirannya, institusionalisasi ini dimungkinkan karena ada keperluan dari masyarakat itu sendiri, sebagaimana tercermin dalam kebijakan negara Prancis modern, akan filsafat sebagai basis universal bagi seluruh pendidikan. Dalam artikel ini, kita akan juga akan melihat bagaimana institusionalisasi tersebut berperan besar dalam mewujudkan kekayaan khazanah pemikiran Prancis pasca-Perang Dunia kedua.Kata kunci: institusi formal filsafat, institusi informal filsafat, paradigma pendidikan filsafat, konsep, eksistensi

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jkw

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Submit Manuscript Journal Help User Username Password Remember me Notifications View Subscribe Information For Readers For Authors For Librarians Current Issue Atom logo RSS2 logo RSS1 logo Visitor Statistics Web Analytics View My Stats ID ...