Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran
Vol 8, No 1 (2018)

Pengembangan media flashcard tematik berbasis permainan tradisional untuk kelas IV sub tema lingkungan tempat tinggalku

Rima Wulan Safitri (Universitas PGRI Madiun)
Cicilia Novi Primiani (Universitas PGRI Madiun)
Hartini Hartini (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2018

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran tematik integratif di sekolah dasar yaitu mata pelajaran masih diajarkan secara terpisah, tidak adanya media perantara yang mendukung proses pembelajaran karena hanya terpaku pada buku pegangan dan belum dikembangkan aktivitas bermain sambil belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flashcard tematik berbasis permainan tradisional yang layak untuk pembelajaran tematik integratif kelas IV sub tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Metode penelitian menggunakan model 4D (define, design, develop and disseminate). Media diujikan pada 20 siswa kelas IV SDN Gunungsari Madiun. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam tahap eksplorasi yaitu observasi dan wawancara, sedangkan dalam tahap pengembangan berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi dari dua validator ahli aspek media dan materi menunjukkan bahwa media sangat layak digunakan dalam pembelajaran, (2) hasil respon siswa skala kecil dan luas menunjukkan bahwa media sangat layak dengan persentase 100% dan (3) hasil belajar sebelum dan setelah diberi perlakuan menunjukkan perbedaan yang signifikan, uji hipotesis pembelajaran 2 diperoleh thitung = 8,376 > ttabel =2,093, dalam pembelajaran 5 diperoleh =7,264 > =2,093. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran flashcardtematik berbasis permainan tradisional sangat layak digunakan untuk kelas IV sub tema Lingkungan Tempat Tinggalku. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PE

Publisher

Subject

Education

Description

PREMIERE EDUCANDUM: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and ...