ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pencapaian kinerja STAI Al-Azhar Gowa jika diukur dengan menggunakan metode Balanced Scorecard, (2) Key Performance Indicator penilaian kinerja pada STAI Al-Azhar Gowa jika ditentukan dengan menggunakan metode Balanced Scorecard Penelitian ini dilaksanakan pada STAI Al-Azhar Gowa mulai bulan November 2017 sampai dengan Januari 2018 dengan menggunakan empat perspektif balanced scorecard. Penellitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuisioner sebagai instrument penelitian, didukung oleh data primer dan hasil wawancara kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan setiap tahunnya dimana peningkatan tertinggi pada tahun 2017 sebesar 5, bermakna pencapaian melebihi di atas target. KPI yang digunakan yaitu Perspektif keuangan (rasio ekonomis, efektivitas, efesiensi), Perspektif Pelanggan (Tingkat kepuasan pelanggan), Perspektif Proses Bisnis Internal (Inovasi, operasi) Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran (Ketersediaan ketepatan dan kecepatan informasi)Kata kunci: pengukuran, kinerja, balanced scorecard
Copyrights © 2018