Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 6, No 5 (2018): Jurnal Bioterdidik

Efektivitas Penerapan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas IV

Ayu Rahmawati (Universitas Lampung)
Berti Yolida (Unknown)
Rini Rita T. Marpaung (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2018

Abstract

This study aims to describe the effectiveness of used of local wisdom-based teaching materials to increase the activity and learning outcomes of fourth grade students on Theme 3 "Care for Living Beings". The sample in this study were twenty one IV grade students in SDN 1 Lintik, Krui Selatan Subdistrict, Pesisir Barat Regency. Sampling was done using by total sampling technique.The research instrument uses pretest-posttest sheets, activity observation sheets and student response questionnaires.The research design used in this study was one group pretest-posttest design. The research data was analyzed descriptively. The results showed the average percentage of overall activity was 70.6 including the medium kriteria with an average of n-Gain of 0.71 included in the good kriteria. It can be concluded that teaching materials based on local wisdom have proven effective to increased activities and learning outcomes of students.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didikpada Tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. Sampel dalam penelitian ini adalah 21 peserta didik kelas IV SDN 1Lintik Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Pengambilan sampelmenggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pretes-postes, lembar observasi aktivitas dan angket tanggapan peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas secara keseluruhan sebesar 70,6 termasuk kriteria sedang dengan rata-rata n-Gain sebesar 0,71 termasuk dalam kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal terbukti efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.Kata kunci: aktivitas peserta didik, bahan ajar berbasis kearifan lokal, hasil belajar, peduli terhadap makhluk hidup

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...