GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling
Vol 1, No 1 (2011)

PELATIHAN EFIKASI DIRI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA SISWA-SISWI YANG AKAN MENGHADAPI UJIAN AKHIR NASIONAL

Nurlaila, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2011

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah pelatihan efikasi diri dapat menurunkan kecemasan pada siswa yang akan menghadapi Ujian Akhir Nasional. Partisipan dalam penelitian berjumlah 20 orang, yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Karakteristik partisipan yangdigunakan dalam penelitian adalah siswa-siswi kelas 3 SMA baik laki-laki maupun perempuan yang cemas dalam menghadapi UAN dengan rentang usia 16-18 tahun. Hipotesa penelitian yaitu ada perbedaan kecemasan menghadapi ujian akhir nasional antara siswa-siswi yang mendapatkan pelatihan efikasi diri dibandingkan dengan siswa-siswi yang tidak mendapatkan pelatihan efikasi diri.Pengukuran kecemasan dilakukan dengan menggunakan skala kecemasan menghadapi UAN. Hasil penelitian dengan analisa uji t menunjukkan bahwa ada perbedaan gain score 17,5 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) yang menujukkan bahwa siswa yang mendapat pelatihan efikasi diri secara signifikan menujukkan ada penurunan kecemasan dalam menghadapi Ujian Akhir Nasional.Kata kunci: efikasi diri, kecemasan menghadapi ujian

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

(E-ISSN 2442-7802) (P-ISSN 2088-9623) is a peer-reviewed scientific Open Access journal published by Universitas Muhammadiyah Metro collaboration with Association of Guidance and Counseling Indonesia (ABKIN). The scope besides Guidance and Counseling as well psychology and education. Published twice ...