Agrointek
Vol 12, No 2 (2018)

Karakteristik Sifat Sensoris Minuman Sari Buah Salak yang Ditambahi Pengawet Alami Ekstrak Kulit Manggis (Garcinia mangostana L.)

Setiani Setiani (Unknown)
Rakhmawati Rakhmawati (Universitas Trunojoyo Madura)
Askur Rahman (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2018

Abstract

Penambahan pengawet alami pada sari buah bertujuan untuk mencegah kerusakan pada minuman sari buah. Penambahan pengawet alami tentunya akan menyebabkan terjadinya perubahan sifat sensoris. Oleh sebab itu pengamatan sifat sensoris pada minuman sari buah salak diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik sensoris pada sari buah salah yang ditambahi pengawet ekstrak kulit buah manggis. Faktor yang digunakan yaitu konsentrasi ekstrak kulit manggis (0%; 1,5%; 2,5% ; 3,5%; 4,5% dan 5,5%) yang akan ditambahkan dalam pembuatan sari buah salak. Karakteristik sensoris minuman sari buah salak menunjukkan nilai kesukaan paling tinggi pada atribut warna yaitu 3,17±0,65, nilai aroma 3,13±0,63, nilai rasa 3,27±0,78 dan nilai keseluruhan 3,07±0,98.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

agrointek

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Agrointek is an open access journal published by Department of Agroindustrial Technology,Faculty of Agriculture, University of Trunojoyo Madura. Agrointek publishes original research or review papers on agroindustry subjects including Food Engineering, Management System, Supply Chain, Processing ...