Fesyen Perspektif
Vol 3, No 2 (2013): Fesyen Perspektif

KONTRIBUSI HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA KEBAYA TERHADAP KESIAPAN MENJADI PATTERN MAKER DI BUTIK

Anke Resty Septiany (Program Studi Pendidikan Tata Busana Departemen PKK FPTK UPI Jl. Dr. Setiabudhi 207 Bandung 40154)
Astuti Astuti (Program Studi Pendidikan Tata Busana Departemen PKK FPTK UPI Jl. Dr. Setiabudhi 207 Bandung 40154)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kontribusi hasil belajar membuat pola kebaya terhadap kesiapan menjadi pattern maker di butik. Tujuan untuk mengetahui hasil belajar membuat pola kebaya jawa, sunda, encim, dan betawi di tinjau dari pengetahuan dan keterampilan terhadap kesiapan menjadi pattern maker di butik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dengan alat pengumpul data berupa skala penilaian. Sampel yang digunakan yaitu sampel total sebanyak 32 orang.  Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar membuat pola kebaya pada kompetensi pengertian kebaya, faham gambar, analisis model, cara mengukur, tanda – tanda pola dan pecah pola berada dalam kategori tinggi dan memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi pattern maker di butik. Simpulan menunjukan bahwa peserta didik sudah menguasai pembuatan pola kebaya sunda, kebaya jawa, kebaya encim, dan kebaya betawi terhadap kesiapan menjadi pattern maker di butik.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

fesyen

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

esyen Perspektif merupakan Jurnal yang dikelola oleh program studi Pendidikan Tata Busana, sebagai tempat yang mewadahi berbagai hasil karya ilmiah mahasiswa dan pengajar di lingkungan Prodi Pendidikan Tata Busana Departemen PKK FPTK UPI. Terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober, ...