Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education
Vol 3 No 1 (2018)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Berhitung Permulaan Melalui Media Kantong Stik pada Anak Kelompok B di TK Bhakti Masyarakat Pagerharjo Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2016/2017

Sumiyati, Sumiyati (Unknown)
Daryati, Daryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2018

Abstract

 Abstrak Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan belajar berhitung permulaan pada anak kelompok B di TK Bhakti Masyarakat Pagerharjo Wedarijaksa Pati  Tahun Pelajaran 2016/2017, dan (2) Untuk mengetahui penggunaan media kantong stik dapat meningkatkan kemampuan belajar berhitung permulaan pada anak kelompok B di TK Bhakti Masyarakat Pagerharjo Wedarijaksa Pati  Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Clasroom Actioan Reseach dengan menggunakan dua siklus di mana setiap siklusnya meliputi empat komponen yaitu menyusun rencana tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), dan Pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting). Kesimpulan penelitian ini adalah  kemampuan belajar berhitung permulaan pada anak kelompok B di TK Bhakti Masyarakat Pagerharjo Wedarijaksa Pati  Tahun Pelajaran 2016/2017 sebelum dilaksanakan penelitian/tindakan masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari kemampuan berhitung permulaan yang termasuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) hanya sebesar 35% dan setelah dilakukan tindakan dengan media kantong stik kemampuan berhitung permulaan anak naik menjadi 95 %.   Kata kunci: Berhitung permulaan, Media Kantong Stik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Ijiece

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education (IJIECE), Print ISSN: 2541-2434; Online ISSN: 2541-2418 is an international journal published twice a year in June and December by Association of Indonesian Islamic Kindergarten Teachers Education Study Program (Perkumpulan Program Studi ...