Jurnal Jalan Jembatan
Vol 27 No 2 (2010)

KAJIAN PERENCANAAN JEMBATAN INTEGRAL

Setiati, N. Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2018

Abstract

Jembatan integral merupakan jembatan yang dibuat tanpa adanya pergerakan antar bentang (spans) atau antara bentang abutment. Permukaan jalan dibuat menerus dari timbunan oprit yang satu dengan timbunan oprit yang lainnya. Jembatan integral dimaksudkan untuk menghindari permasalahan perawatan jembatan yang sangat mahal yang dikarenakan adanya penetrasi air/debu melalui pergerakan joint, dapat meningkatkan kenyamanan bagi pengguna jalan, dan mudah dilaksanakan di lapangan. Sistem jembatan integral terdiri dari integral penuh (full integral) dan integral sebagian (semi integral). Jembatan integral dengan bentang kurang dari 20 meter untuk kondisi di beberapa daerah di Indonesia paling optimum menggunakan tipe beton bertulang dengan sistem full integral, sedangkan untuk bentang lebih dari 20 meter lebih diutamakan menggunakan tipe prategang dengan sistem semi integral. Kajian ini membahas tentang pengembangan teknologi jembatan integral untuk tipe struktur beton, baik metode perhitungan, parameter pembebanan maupun desain dengan simulasi model jembatan menggunakan program analisis struktur. Sebagai contoh dibuat model jembatan integral untuk tipe beton bertulang bentang tunggal Hasil kajian sistem full integral paling optimum dibuat untuk bentang sampai 20 m. Kata kunci : integral penuh, integral sebagian, beton bertulang, perawatan, siar muai

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

jurnaljembatan

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan ...