Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 6, No 2 (2018)

PENGARUH MODEL PBM DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP DEMOKRATIS

Risti Aulia Ulfa (Universitas Negeri Yogyakarta)
Danang Prasetyo (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta)
Marzuki Marzuki (Program Pasca Sarjana Uiversitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis, dan (2) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap demokratis bagi peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket sikap demokratis. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Magelang pada Kompetensi Dasar menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara, yang terbukti nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi α = 0,05  (2,557> 2,000). (2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap demokratis peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Magelang pada Kompetensi Dasar menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara, yang terbukti nilai t hitung > dari t tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 (5,332> 2,000).

Copyrights © 2018