JKPD : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2016): (Januari 2016)

Penerapan Scientific Approach pada Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Siswa

Muh. Erwinto Imran (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berorientasi Scientific Approach yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan Berpikir Siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model model 4-D dan diujicobakan di kelas V di Sekolah Dasar dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan uji T. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas (validitas, kepraktisan, dan keefektifan) perangkat pembelajaran IPA Berorientasi Scientific Approach Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu pengembangan perangkat mengikuti model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, dilanjutkan implementasi perangkat pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif. Valid terlihat dari penilaian validator terhadap RPP; LKS; buku siswa; instrumen penilaian hasil belajar pengetahuan (keterampilan berpikir), keterampilan, dan sikap. Praktis terlihat dari persentase keterlaksanaan tahapan pembelajaran sebesar 100%; skor keterlaksanaan pembelajaran di kelas V sebesar 3,60; aktifitas yang mendukung scientifiec approach lebih dominan dalam pembelajaran dan aktivitas tidak relevan mengalami penurunan setiap pertemuan; siswa memberikan respon positif terhadap perangkat dan proses pembelajaran berorientasi scientific approach yang telah dikembangkan.Efektif terlihat dari ketuntasan individual hasil belajar pengetahuan (keterampilan berpikir) siswa kelas IV sebesar 90,%. Kendala yang dihadapi dalam penelitian ini adalah siswa belum terbiasa menggunakan keterampilan berpikir masalah sehingga perlu penambahan waktu tersendiri untuk melatihkan keterampilan tersebut.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA dengan menggunakan Scientific Approach yang dikembangkan layak dapat melatihkan keterampilan berpikir siswa yang digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jkpd

Publisher

Subject

Education

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang ilmu pendidikan secara Umum dan Pendidikan Dasar secara khusus. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) (p-ISSN: 2527-418X), berfokus pada masalah utama ...