JKPD : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
Vol 3, No 2 (2018): Juli (2018)

Profil Pemahaman Nature Of Science (NNOS) Di Sekolah Dasar

Muhammad Erwinto Imran (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ari Wibowo (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa dan guru terhadap aspek Nature of Science (NOS) di sekolah dasar di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan dan Kabupaten Purwakarta di Provinsi Jawa Barat  yang terdiri dari  Basis Empiris (Empiris Base),  Tentatif (Tentative), Teori dan Hukum (Theories and Law), Keterlibatan Sosial Budaya (Socio Cultural embeddednes), Kreativitas (Creativity), Metode Ilmiah (Scientific Method),  dan Subjektif (Subjective). Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan bagi Guru Sekolah Dasar dalam meningkatkan pemahaman dan kualitas siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode elaborative yang melibatkan 45 siswa dan 2 guru kelas V sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya responden pada penelitian ini menganggap bahwa aspek-aspek Nature of Science (NOS) harus dilakukan dan dipahami. Secara umum responden pada penelitian ini merasa setuju dengan indikator-indikator Nature of Science (NOS, namun ada beberapa aspek yang dianggap tidak setuju. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap peninjauan pembelajaran sains dan aspek-aspek pendukungnya. Kata Kunci       : Nature of Science (NOS), IPA, Sekolah Dasar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkpd

Publisher

Subject

Education

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang ilmu pendidikan secara Umum dan Pendidikan Dasar secara khusus. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) (p-ISSN: 2527-418X), berfokus pada masalah utama ...