Jurnal Ilmiah Mahasiswa Veteriner
Vol 3, No 1 (2018): NOVEMBER-JANUARI

KANDUNGAN Escherichia Coli PADA TELUR ITIK YANG DIJUAL DI PASAR INDUK LAMBARO KECAMATAN INGIN JAYA ACEH BESAR(The Amount of Escherichia coli in Duck Eggs Sold In The Central Market of Lambaro,Ingin Jaya District Aceh Besar)

hendri saputra (Unknown)
Rastina Rastina (Unknown)
Ismail Ismail (Unknown)
M Jalalluddin (Unknown)
Erina Erina (Unknown)
Rusli Rusli (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi dan melihat jumlah bakteri E.coli pada telur itik yang dijual di Pasar Induk Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Dalam penelitian digunakan 20 telur itik dari 10 pedagang yang berbeda. Pengujian jumlah bakteri E.coli  mengunakan  Metode Total Plate Count (TPC) yang mengacu pada SNI 7388 : 2009 dengan pengenceran 10-1 sampai 10-4. Hasil positif dari cemaran E.coli ditandai dengan terbentuknya koloni berwarna hijau metalik pada media eosin methyline blue agar (EMBA). Hasil dari penelitian menunjukkan tidak adanya cemaran E.coli. Berdasarkan  hasil dari penelitian telur itik yang dijual dipasar Induk Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar tidak tercemar dari E.coli.                                                                                                           AbstractThis study aims to indentify comtamination of E.coli in duck eggs sold in The Central Market of   Lambaro, Ingin Jaya District Aceh Besar. In the study used 20 duck eggs from 10 using Total Plate Count (TPC) method with refering SNI 7388 : 2009 with by methalic green coloni different trader in Lambaro central market. Amount testing E.coli  using contamination dilution 10-1 to10-4. The positive result of coloni on the eosin methylene blue agar (EMBA) medium.  The result of the study did not show any E.coli contamonation based on the research result can be concluade that the duck eggs sold in the central market Lambaro Ingin Jaya District Aceh Besar free from E.coli contamination. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FKH

Publisher

Subject

Veterinary

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Veteriner merupakan media elektronik yang digunakan sebagai wadah penyebaran hasil-hasil penelitian dari skripsi/tugas akhir mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala yang ditulis bersama dengan dosen pembimbingnya. Naskah/artikel yang diterbitkan telah ...