Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA

Astuti Astuti (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Nurhidayah Sari (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) kleas X SMA. LKS yang dihasilkan dapat digunakan oleh siswa sebagai alat bantu untuk memahami materi yang dipelajari. LKS juga sebagai sumber materi yang dapat membantu siswa belajar mandiri, sehingga siswa tidak tergantung dengan kehadiran guru di kelas. Subjek penelitian yang diambil yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Salo tahun pelajaran 2016/2017 pada semester genap dengan materi trigonomtri. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang perangkat dan bahan ajar pembelajaran, kebutuhan akan bahan ajar pembelajaran, dan analisis kekurangan bahan ajar yang digunakan serta nantinya menjadi bahan kajian dalam pengembangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat dikemukakan simpulan penelitian yaitu LKS yang dikembangkan dengan materi trigonometri dikembangkan sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Materi yang disajikan pada LKS sangat menuntun siswa untuk melakukan kegiatan. LKS yang dikembangkan dengan materi trigonometri sangat layak sebagai media pembelajaran. LKS yang dikembangkan dengan materi trigonomeri efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa jadi meningkat dari pelajaran sebelumnya, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal siswa juga meningkat dari materi sebelumnya. LKS yang dikembangkan dibuat untuk siswa agar belajar lebih aktif dan bekerja sama dengan teman sekelompoknya. Di dalam LKS disajikan beberapa kegiatan dan juga disajikan materi agar bisa belajar secara berdiskusi. Jika siswa terdapat kesulitan guru siap memabantu siswa. Hal ini yang membuat siswa lebih mengerti dan pembelajaran lebih bertahan lama dalam ingatan siswa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...