Jurnal Jalan Jembatan
Vol 24 No 2 (2007)

PENGARUH PEMBERIAN BAHAN TAMBAH KATALIS BEKAS (SPENT CATALYST) DAN FILLER SLAGTERHADAP CAMPURAN BETON SEMEN UNTUK PERKERASAN JALAN

Leksminingsih, Leksminingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2018

Abstract

Penggunaan bahan lokal/buangan telah banyak dilakukan, tetapi masih dalam taraf penelitian apakah bahan lokal/buangan tersebut layak digunakan dalam pembuatan campuran beton semen, masih harus dikaji lebih dalam lagi. Di Indonesia banyak terdapat bahan lokal/ buangan baik yang dapat langsung digunakan dalam campuran beton semen, sebagai contoh: slag, abu terbang (fly-ash), atau melalui proses agar dapat digunakan di dalam campuran beton semen, sebagai contoh limbah katalis bekas. Kegiatan penelitian adalah untuk memanfaatkan bahan buangan Residium Catalytic Cracking (RCC) atau katalis bekas (spent catalyst) sebagai mineral admixture di dalam campuran beton semen, disamping itu katalis juga mempunyai sifat pozolan yang akan menaikkan kinerja campuran beton. Katalis bekas merupakan limbah dari pengolahan minyak di Balongan, Indramayu, JawaBarat. Bahan lokal lainnya yang digunakan pada campuran beton semen adalah slag yang merupakan produk samping pabrik baja PT Krakatau Steel di Cilegon, Propinsi Banten. Penelitian telah dilakukan, dengan penambahan 10% katalis bekas dan 10% filler slag terhadap campuran beton semen standar, setelah umur perawatan 28 hari, hasil tidak memenuhi persyaratan beton semen untuk perkerasan jalan, pengujian kuat tekan campuran beton semen kurang dari 30 MPa (Spek Umum Bidang Jalan dan Jembatan .2005.Seksi 5.1) Berat isi setelah umur perawatan 28 hari, campuran beton semen dengan penambahan 10% katalis bekas dan 10% filler slag, mempunyai berat isi lebih dari 2,200 kg/dm3 ( persyaratan antara 2,200 kg/dm3 sampai 2,500 kg/dm3). Pada penambahan 20% katalis bekas dan 20% filler slag, pada umur perawatan 28 hari mempunyai kuat tekan lebih dari 30 Mpa. Tetapi dengan penambahan 1,5% superplastizier kuat tekan menjadi lebih rendah dari 30 MPa. Penelitian dilanjutkan dengan memper panjang umur perawatan menjadi 56 hari, kuat tekan dari semua campuran naik antara 40 MPa sampai 50 MPa. Sebagai kesimpulan, filler slag dapat digunakan sebagai bahan tambah pada campuran beton semen, karena dapat menaikkan kuat tekan lebih tinggi dari campuran beton standar. Kata kunci : Katalis bekas , filler slag, campuran beton semen, kuat tekan, berat isi

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

jurnaljembatan

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan ...