Penelitian ini bertujuan : (1) Menghasilkan desin baru pada media permainan tradisional dakuca, (2) Menghasilkan sebuah media yang layak digunakan dalam pembelajaran anak usia dini, dan (3) untuk mendapatkan hasil yang efektivan dalam menstimulasi enam aspek perkembangan pada anak usia dini. Â Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Brog & Gall. Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Pembina Sumedang. Desain uji coba terbatas menggunakan one shot case study dan pre eksperimenal one group pretest posttest pada uji lapangan. Subjek uji terbatas menggunakan judgment expect terhadap guru dan kemudian media dimainkan oleh empat anak secara bergantian. Subjek uji lapangan dilaksanakan pada kelompok B2 yang terdiri dari 19 anak. Pegumpulan data menggunakan lembar angket, lembar observasi, lembar wawancara, checklist, cacatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk uji keefektifan menggunakan uji t Independent Samples Test dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil pengembangan media moneria ini melalui tahapan perencanaan, desain, dan pembuatan media. (1) Dari hasil tersebut tercipta sebuah media permianan tradisonal dakuca yang telah teruji secara kuliatas media secara desain, keamanan, dan daya tahan melalui penilaian ahli. Adapun hasil pengembangnnya terdiri dari komponen desain tambilan, biji dakuca, dan kartu dakuca. (2) Penilaian yang ditinjau dari ahli media, materi, dan responden guru menujukan media moneria dalam kategori âbaikâ dan âsangat baikâ. (3) Pada hasil uji efekvitas menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada enam aspek perkembangan anak antara sebelum dan sesudah menggunakan media moneria dengan hasil singnifikansi -5,968<0.05
Copyrights © 2018