JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
Vol 3, No 3 (2017)

EFEKTIVITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MELALUI METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA PADA KELAS VII DI MTS AL-AZHAR KEC.ALALAK KAB.BATOLA TAHUN AJARAN 2017/2018

Siti Aisyah (Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling)
Hamzah Hamzah (Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling)
Farial Farial (Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada fenomena yang terjadi di MTs Al-Azhar Kec.Alalak Kab.Batola bahwa terdapat siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa sebelum dan sesudah layanan, serta mengetahui tingkat efektivitas layanan penguasaan konten melalui metode pembelajaran simulasi dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VII. Metode penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen design dengan rancangan one group pretes and post-test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Al-Azhar Kec.Alalak Kab.Batola yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Metode pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah paired sampel t-test. Dari hasil uji paired sampel t-test menunjukan bahwa Thitung -14,76 > Ttabel -1,701 sehingga hipotesis diterima. Kecerdasan emosional siswa dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten melalui metode pembelajaran simulasi dengan teknik sosiodrama.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

AN-NUR

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global ...