Jurnal Kelautan Nasional
Vol 11, No 3 (2016): DESEMBER

ANALISIS PEMANFAATAN DATA KUALITAS PERAIRAN UNTUK PERENCANAAN ZONASI PESISIR

Handy Chandra (Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Laut dan Pesisir (P3SDLP) Badan Penelitian dan Pengembangan KP, KKP. Jl. Pasir Putih 2, Ancol, 14430, Indonesia)
Domu Simbolon (Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) – FPIK, Institut Pertanian Bogor)
Budy Wiryawan (Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) – FPIK, Institut Pertanian Bogor)
Budhi H. Iskandar (Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) – FPIK, Institut Pertanian Bogor)
Am Azbas Taurusman (Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) – FPIK, Institut Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2016

Abstract

Perairan pesisir pulau Wangi-wangi di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara telah mengalami tekanan aktifitas manusia (antropogenik) sejak menjadi kabupaten baru tahun 2003. Tekanan antropogenik diukur menggunakan parameter kualitas air (suhu dan oksigen terlarut). Tujuan riset ini adalah menganalisis pemanfaatan data pemonitoran waktu serial dan pemanfaatannya untuk perencanaan zonasi perairan, yang dikaitkan dengan data parameter kualitas air. Dinamika perairan pesisir telah terjadi pada musim angin timur dan barat, pada kedalaman 5 meter dan 25 meter. Hasil menunjukkan kegunaan data waktu serial untuk dinamika zonasi perairan pesisir. Bagian timur dan utara perairan direkomendasikan untuk zona konservasi, sementara zona pemanfaatan lainnya dialokasikan buat sub-zona perikanan berkelanjutan (rumput laut)

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jkn

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science

Description

Jurnal Kelautan Nasional (JKN) ISSN 1907-767X, e-ISSN 2615-4579 adalah jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Riset Kelautan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pusat Riset Kelautan (Pusriskel) adalah nomenklatur baru, sejak tahun 2017, untuk Pusat ...