Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya

Analisis Strategi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier Ditinjau dari Gaya Belajar

Priyanto, Muhammad Adi (Unknown)
Sari, Anisa Fatwa (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi siswa dalam menyelesaikan masalah program linier. Penelitian ini melibatkan unsur 3 gaya belajar yakni visual, auditorial, dan kinestik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih mengandalkan data berupa teks (angket dan soal) serta gambar Pemahaman tentang matematika. Pemahaman yang dilihat meliputi pemahaman tentang objek-objek matematika (operasi dan simbol), sifat-sifat dan hubungan diantara keduanya merupakan hal penting dalam memahami struktur matematika. Dengan memperhatikan bahwa algoritma dalam memecahkan masalah program linier merupakan hal dasar, maka dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa anak dengan gaya belajar visual lebih condong memecahkan masalah dengan meta-strategi prosedural tidak dengan meta-strategi konseptual. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu para tenaga pendidik dalam memperbaiki proses pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

(Jurnal Pi) Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya is open-access and peer-reviewed scholarly online journal managed by Department of Mathematics Education, STKIP Al Hikmah Surabaya. The journal is published twice a year in March and ...