cover
Contact Name
Azhar Syarifuddin
Contact Email
azharstkiph@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
pi.jurnal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya
ISSN : 25988913     EISSN : 26208547     DOI : -
Core Subject : Education,
(Jurnal Pi) Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya is open-access and peer-reviewed scholarly online journal managed by Department of Mathematics Education, STKIP Al Hikmah Surabaya. The journal is published twice a year in March and September.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Sholeh, Ach Fairuz
Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya Vol 1 No 01 (2017): Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Al Hikmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.509 KB)

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil penelitian tentang Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dipilih kelas VIIIF SMP Negeri 22 Surabaya dengan populasi 37 siswa dan didapat 25 siswa sebagai subjek penelitian. Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Slavin dan memiliki ciri utama yaitu memotivasi siswa dalam satu kelompok atau individu. Analisis data dilakukan dengan pemberian angket motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran matematika sebelum pelaksanaan dan setelah pelaksanaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.
Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Himpunan Fauzi, Ade Miftah
Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya Vol 1 No 01 (2017): Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Al Hikmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.086 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII A SMP Baitussalam Surabaya yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dengan pembelajaran Quantum Teaching pada materi pokok Himpunan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi dan angket. Peningkatan rata-rata motivasi siswa untuk tiap siklus, pada kondisi awal skor motivasi siswa dari 27 orang siswa, yang termotivasi adalah 4 orang dengan presentase (14,81%), dan skor motivasi siswa pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 6 orang siswa termotivasi dengan persentase (22,22%), dan terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan II yaitu 14 orang siswa termotivasi dengan persentase (51,85%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran quantum teaching lebih baik dari pada motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Pembelajaran quantum teaching sangat potensial untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika, terutama pada saat pengenalan konsep dasar suatu materi.
Reward Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Surabaya Susilo, Bangun
Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya Vol 1 No 01 (2017): Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Al Hikmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.96 KB)

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) mengenai pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini memiliki dasar pendapat dari beberapa ahli bahwa reward dan punishment berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIE SMP Negeri 21 Surabaya yang berjumlah 30 siswa. Variabel-variabel dalam penelitian ini yaitu variabel pemberian reward dan punishment serta variabel motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dengan siswa dan guru, data kuesioner respon belajar siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan dengan menerapkan reward dan punishment. Data kuesioner respon belajar siswa kemudian diolah mengunakan skala likert.Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat setelah penerapa reward dan punishment dalam kegiatan belajar matematika. 
Penerapan Pembelajaran Himpunan Metode TAI (Team Assisted Individualization) untuk Hasil Belajar Siswa Rohim, Mohammad Fatkur
Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya Vol 1 No 01 (2017): Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Al Hikmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.195 KB)

Abstract

Secara garis besar, terdapat dua faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor dari dalam diri siswa itu sendiri dan faktor yang datang dari luar diri siswa atau faktor lingkungan. Pembelajaran kooperatif mengupayakan seorang siswa mampu mengajarkan kepada siswa lain (mengajar teman sebaya) sehingga memberi kesempatan kepada siswa untuk mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu bersamaan dan menjadi nara sumber bagi teman lain. Model pembelajaran kooperatif tersebut adalah Tipe Team Assisted Individualization, di mana pembe- lajaran tersebut dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual yang pada dasarnya setiap kondisi belajar berangkat dari perbedaan individu yang berkaitan dengan kemampuan siswa maupun pencapaian hasil belajar.
Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Berintegrasi Nilai-nilai Islam Rohman, Wahyu Aulia
Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya Vol 1 No 01 (2017): Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Al Hikmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.181 KB)

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil penelitian pendahuluan tentang penerapan model pembelajaran kontekstual yang diintegrasikan nilai-nilai Islam yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa yang rendah pada siswa kelas VII B SMP Al Falah Surabaya. Data penelitian ini berupa hasil angket motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran kontekstual yang diintegrasikan nilai-nilai Islam pada materi Aljabar. Pada penelitan ini, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada siklus I pertemuan I dan siklus I pertemuan II. Pembelajaran kontekstual sangat berpotensi meningkatkan motivasi belajar siswa.
Analisis Alasan Matematis Siswa dalam Membuktikan Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Pratama, Orthio Rizki; Zahri, Mohammad
Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Al Hikmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beberapa tujuan pembelajaran matematika adalah memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, memberikan alasan, dan membuktikan konsep matematika. Kemampuan berkomunikasi menjadi hal yang penting dalam pembelajaran matematika karena berperan dalam penyampaian ide atau konsep matematis secara tepat dan jelas. Kemampuan memberikan alasan matematis secara tertulis dan lisan adalah bagian dari komunikasi matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kemampuan siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dan rendah dalam memberikan alasan matematis pada pembuktian teorema Pythagoras. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menganalisis langkah-langkah pembuktian yang disertai alasan matematis, baik secara tertulis maupun lisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan memberikan alasan matematis lebih baik, tepat dan jelas dibanding siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah. Selain itu, kemampuan siswa dalam memberikan alasan matematis secara tertulis lebih baik dibandingkan secara lisan. Hal tersebut terlihat dari sistematika langkah pem- buktian yang tepat dan banyaknya alasan matematis yang diberikan. Pada pembuktian lisan, siswa melakukan kesalahan prosedur dalam penjabaran dan penyederhanaan bentuk matematika. 
Peningkatan Hasil Belajar Materi Himpunan dalam Pembelajaran Kontekstual Putra, Roy Agung Cahya
Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya Vol 1 No 01 (2017): Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Al Hikmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.81 KB)

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil penelitian tentang peningkatan hasil belajar siswa pada materi Himpunan menggunakan pembelajaran kontekstual. Subjek penelitian ini adalah Siswa-siswi SMPN 21 Surabaya. Data pada penelitian ini berupa jawaban terulis siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan. Rata-rata siswa yang tuntas (memenuhi KKM) diatas 75% merupakan indikator keberhasilan penelitian ini. Pembelajaran kontekstual merupakan model pembelajaran yang bertujuan untuk mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari untuk membantu siswa dalam memahami konsep matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Himpunan kelas VII-D SMPN 21 Surabaya.
Profil Berpikir Kritis Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Gender Bakhri, Syaiful; Lutfianto, Moch
Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Al Hikmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil penelitian tentang prol berpikir kritis siswa laki dan perempuan dalam mennyelesaikan soal cerita matematika SMA topik SPLDV. Subyek penelitian ini adalah 3 siswa laki dan perempuan kelas X SMA Al-Hikmah Surabaya yang memiliki kemampuan tinggi relatif sama yaitu 80. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal cerita (SC) dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gender laki dan perempuan memiliki kemampuan berpikir kritis yang relatif sama. Namun, siswa dengan gender laki lebih cenderung mengalami kesulitan dalam hal ketelitian. Sedangkan siswa dengan gender perempuan lebih cenderung hanya dapat menyelesaikan soal jika telah diberikan contoh penyelesaian sebelumnya sehingga akan merasa kesulitan jika dihadapkan dengan permasalahan baru yang belum pernah dikerjakan.
Profil Komunikasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari IQ (Kecerdasan Intelektual) Rofiudin, Achmad; Ernawati, Agustin
Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Al Hikmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prol komunikasi matematis siswa sekolah menengah atas dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan intelektual. Penentuan subyek dalam penelitian ini berdasarkan skor dari tes kecerdasan intelektual siswa kelas X. Berdasarkan hasil yang diperoleh kecerdasan intelektual tersebut dperoleh 3 dengan kategori tinggi, sedang, rendah. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dari penelitian tersebut diperoleh dari hasil tes, wawancara, wawancara secara mendalam. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiap tingkatan kecerdasan intelektual memiliki kemampuan komunikasi matematis yang berbeda. Berdasarkan tingkat kecerdasan intelektual, siswa dengan IQ tinggi ceenderung lebih baik dalam hal komunikasi matematis secara tertulis dan lisan, siswa yang IQ sedang lebih cenderung memiliki komunikasi matematis secara tertulis, sedangkan siswa yang IQ rendah cenderung tidak memiliki komunikasi matematis tertulis dan lisan.
Analisis Strategi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier Ditinjau dari Gaya Belajar Priyanto, Muhammad Adi; Sari, Anisa Fatwa
Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Al Hikmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi siswa dalam menyelesaikan masalah program linier. Penelitian ini melibatkan unsur 3 gaya belajar yakni visual, auditorial, dan kinestik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih mengandalkan data berupa teks (angket dan soal) serta gambar Pemahaman tentang matematika. Pemahaman yang dilihat meliputi pemahaman tentang objek-objek matematika (operasi dan simbol), sifat-sifat dan hubungan diantara keduanya merupakan hal penting dalam memahami struktur matematika. Dengan memperhatikan bahwa algoritma dalam memecahkan masalah program linier merupakan hal dasar, maka dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa anak dengan gaya belajar visual lebih condong memecahkan masalah dengan meta-strategi prosedural tidak dengan meta-strategi konseptual. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu para tenaga pendidik dalam memperbaiki proses pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 18