Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya
Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Pi : Pendidikan Matematika dan Integrasinya

Penerapan PjBL Terhadap Kemampuan Literasi Matematis (Uncertainty and Data) untuk Siswa SMP

Ayuningtyas, Nurina (Unknown)
Dhewy, Risdiana Chandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Penelitian PISA pada tahun 2015 dalam PISA Result in Focus 2015 menunjukan peringkat Indonesia berada diurutan 9 dari bawah yaitu peringkat 63 dari 72 negara. Hal ini sangat memperhatikan dan diperlukan upaya untuk meningkatkan peringkat tersebut. Salah satu upaya adalah dengan memperbaiki sistem pembelajaran dikelas.Pembelajaran Project Based Learning(PjBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang diprediksi oleh peneliti dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa Indonesia yang tergolong rendah diantara negara yang lain. Pada penelitian ini peniliti fokus kepada konten uncertainty and data materi statistika. Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan adanya penerapan model pembelajaran Project Based Learning serta untuk mengetahui respon siswa pada penerapan model tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan menggunakan rancangan atau desain eksperimen klasik yang memiliki 4 kelompok data (O) yaitu data pretest kelompok perlakuan (O1) dan kelompok kontrol (O3) serta data posttest kelompok perlakuan (O2) dan kelompok kontrol (O4). Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan adanya penerapan model pembelajaran PjBLterhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP pada materi statistika, serta siswa juga memberikan respon positif terhadap pembelajaran ini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

(Jurnal Pi) Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya is open-access and peer-reviewed scholarly online journal managed by Department of Mathematics Education, STKIP Al Hikmah Surabaya. The journal is published twice a year in March and ...