Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa anak melalui penerapan model pembelajaran bermain peran pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Nur-Ikhsan Bone-Bone KotaBau-Bau. Subjek penelitian ini adalah anak Taman Kanak-Kanak Nur-Ikhsan Bone-Bone KotaBau-Bau Kelompok B1 berjumlah 20 orang yang terdiri atas 15 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Keterampilan berbahasa dalam percakapan anak pada kegiatan pratindakan tingkat persentasenya hanya mencapai 35 % dan ini sangat jauh dari nilai kriteria minimal ketuntasan belajar. Setelah diadakan siklus I tingkat persentasenya menjadi 55% dan meningkat lagi menjadi 80% pada siklus II. 2) Aktivitas anak yang ditunjukkan dengan kinerja dalam belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Perubahan anak tampak pada sikap anak, kepercayaan diri anak serta kemampuan berkomunikasi pada saat anak bermain peran. Kata kunci: keterampilan, berbahasa anak, bermain peran
Copyrights © 2018