Gema Pendidikan
Vol 25, No 2 (2018): JURNAL GEMA PENDIDIKAN FKIP UHO VOLUME 25 NO.2 JULI 2018

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI BERMAIN PERAN PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK NUR-IKHSAN BONE-BONE KOTA BAUBAU

Salwiah Salwiah (Universitas Halu Oleo)
Asmuddin Asmuddin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2018

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa anak melalui penerapan model pembelajaran bermain peran pada anak  kelompok B Taman Kanak-Kanak Nur-Ikhsan Bone-Bone KotaBau-Bau. Subjek penelitian ini adalah anak Taman Kanak-Kanak Nur-Ikhsan Bone-Bone KotaBau-Bau Kelompok B1 berjumlah 20 orang yang terdiri atas 15 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Keterampilan berbahasa dalam percakapan anak pada kegiatan pratindakan tingkat persentasenya hanya mencapai 35 % dan ini sangat jauh dari nilai kriteria minimal ketuntasan belajar. Setelah diadakan siklus I tingkat persentasenya menjadi 55% dan meningkat lagi menjadi 80%  pada siklus II. 2) Aktivitas anak yang ditunjukkan dengan kinerja dalam belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Perubahan anak tampak pada sikap anak,  kepercayaan diri anak serta kemampuan berkomunikasi pada saat anak bermain peran. Kata kunci: keterampilan, berbahasa anak, bermain peran

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...