Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam
Vol 5, No 2: Agustus 2018

Tinjauan Perilaku Konsumtif Masyarakat Pesisir Dalam Islam (Studi Kasus pada Masyarakat Pesisir Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan)

Septiana, Aldila (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2018

Abstract

Fokus penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana perilaku konsumtif dalam tinjauan Islam dan cara memaknai kata maslahah dalam perilaku konsumsi masyarakat pesisir di Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan?Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dimana peneliti mengidentifikasi hakikat pengalaman manusia tentang suatu fenomena. Peneliti memilih jenis penelitian fenomenologi karena ingin memahami dan mengungkapkan fenomena perilaku konsumsi masyarakat pesisir di Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan yang terjadi di lapangan secara alami, utuh, dan akurat sehingga penelitian ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumsi masyarakat pesisir dengan mayoritas bekerja sebagai nelayan, mereka mencari nafkah pagi, siang, sore dan bahkan malam. Sekalipun mereka memiliki semangat dalam urusan ekonomi dan konsumsinya. Perilaku konsumtif masyarakat pesisir dalam tinjauan Islam, dalam satu sisi, pelestarian seperti ini sangat perlu dilestarikan karena ikut mennyumbangkan warisan budaya tetap terjaga, serta turut menjaga ukhuwah islamiah karena mampu menghadirkan banyak orang dalam tahlilan ini. Serta dalam memaknai kata “Maslahah” pada perilaku konsumsinya sangat peduli antar sesama dan menjunjung kemaslahatan dalam melakukan kegiatan konsumsinya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

dinar

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Dinar adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ekonomi dan Keuangan Islam Universitas Trunojoyo Madura. Terbit pertama kali Agustus 2015. Jurnal ini memfokuskan pada kajian Ekonomi Islam dalam berbagai sudut pandang keilmuan. Redaksi mengundang para ahli dan segenap sivitas akademika untuk ...