KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA
Vol 3 No 2 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)

IDENTIFIKASI TINGKAT KONFLIK KOGNITIF MATERI GELOMBANG MEKANIK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF

Zul Hidayatullah (Pendidikan Fisika FKIP UNRAM)
Muh Makhrus (Universitas Mataram)
I Wayan Gunada (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat konflik kognitif yang dialami peseta didik melalui pembelajaran dengan pendekatan konflik kognitif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif dengan tiga kelas eksperimen. Tingkat konflik kognitif diperoleh melalui intrumen konflik kognitif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 128 peserta didik yang tersebar pada tiga kelas eksprimen. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata tingkat konflik kognitif yang dialami peserta didik pada saat pembelajaran yaitu sebesar 60,08%, di mana angka tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Persentase peserta didik yang mengalami tingkat konflik kognitif berkategori rendah sebesar 13,28%, konflik kognitif berkategori tinggi sebesar 82,03%, dan berkategori sangat tinggi sebesar 4,69%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

konstan

Publisher

Subject

Physics

Description

KONSTAN artinya tetap atau tidak ada perubahan. Tetap atau tidak adanya perubahan dalam hal ini bukan berarti tidak adanya kemajuan. Akan tetapi, jurnal selalu diharapkan tetap dapat kita terbitkan sesuai waktu yang direncanakan. Artinya, tetap dapat diterbitkan 2 kali setahun dalam bentuk cetakan ...