Jurnal INSYPRO (Information System and Processing)
Vol 3 No 2 (2018)

Help Desk System Penanganan Gangguan Teknis Pada Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan

Junaedy, Junaedy (Unknown)
Munir, Abdul (Unknown)
Zaman, Baizul (Unknown)
Sahid, Fahry (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem help desk yang mampu menjembatani komunikasi dan pendokumentasian kegiatan bagi para pegawai, pengawas, dan teknisi di lingkungan LPMP Sulsel dalam hal penanganan gangguan teknis yang terjadi di internal lembaga. Sistem yang dibangun berbasis web agar dapat diakses secara mudah melalui Local Area Network (LAN) oleh pihak internal lembaga. Dengan menggunakan Waterfall sebagai salah satu metodologi pengembangan perangkat lunak telah dilakukan tahapan analisis, desain, pengkodean dan pengujian terhadap sistem. Tahapan pengkodean aplikasi web dirancang dengan menggunakan konsep Model-View-Control (MVC) dengan tools CodeIgniter yang merupakan salah satu kerangka kerja (framework) PHP dan dilengkapi dengan Gammu sebagai SMS gateway. Pengujian sistem dengan menggunakan metode black box telah dilakukan agar output sesuai yang diharapkan. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya aplikasi help desk system yang menata alur pekerjaan teknisi mulai dari pengaduan dari pegawai, penerbitan perintah kerja dari pengawas sampai dengan penanganan oleh teknisi. Kata Kunci: Help Desk System, Penanganan Gangguan, Waterfall, Model-View-Control, PHP, framework, CodeIgniter

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

insypro

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Insypro adalah jurnal yang bergerak di bidang Sistem Informasi, hadir untuk diharapkan mampu mengembangkan riset pada bidang sistem informasi di Indonesia dan dunia internasional secara ...