Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik
Vol 8, No 2 (2012): Jurnal Keperawatan

MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN METODE TIM PADA RAWAT INAP

Gustop Amatiria (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2016

Abstract

Ketidak puasan pasien rawat inap dapat mengakibatkan efek jera kepada pasien untuk datang kembali meminta pelayanan keperawatan bila ia sakit. Kondisi ini akan dapat diatasi bila perawat dapat memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas dan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah Mutu pelayanan keperawatan dengan metode tim dapat meningkatkan Kepuasan pasien pada rawat inap di RS. Imanuel Bandar Lampung. Metode penelitian adalah kualitatif dengan desain Cross Secsional. Populasi adalah semua pasien rawat inap di ruang dewasa pria dan dewasa wanita, dengan menggunakan metode sampel Purposive Sampling  berjumlah 90 responden. Instrumen ukur menggunakan kuesioner dan metode angket. Pengolah data dilakukan analisis hasil dengan uji univariat dan uji bivariat Chi Square. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai pelaksanana metode tim diruangan (81,1) peningkatan nilai mutu pelayanan keperawatan (81,30) dan nilai rata-rata kepuasan (65,24). Aadanya hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan keperawatan yang menggunakan metode tim terhadap kepuasan pasien rawat inap di RS. Imanuel Bandar Lampung (pV=0,0001). Dari lima dimensi mutu yang diukur ternyata hanya 3 (tiga) dimensi yang berhubungan yaitu Responsiveness, Assurance dan Emphati, sedangkan 2 (dua) dimensi yang tidak berhubungan adalah Tangiable dan Reability.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JKEP

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Fokus jurnal adalah informasi tentang penelitian dan kajian di bidang keperawatan dan kesehatan. Jurnal ini diterbitkan setiap 6 bulan (April dan Oktober) dalam Bahasa ...